• SMA Negeri 1 Pariaman
    SMA Negeri 1 Pariaman

    " MERAIH PRESTASI GEMILANG, BERKUALITAS IMTAQ DAN IPTEKS "

  • SMA Negeri 1 Pariaman
    SMA Negeri 1 Pariaman

    " MERAIH PRESTASI GEMILANG, BERKUALITAS IMTAQ DAN IPTEKS "

  • SMA Negeri 1 Pariaman
    SMA Negeri 1 Pariaman

    " MERAIH PRESTASI GEMILANG, BERKUALITAS IMTAQ DAN IPTEKS "

  • SMA Negeri 1 Pariaman
    SMA Negeri 1 Pariaman

    " MERAIH PRESTASI GEMILANG, BERKUALITAS IMTAQ DAN IPTEKS "

sman1-prm.sch.id

@SMA1_PARIAMAN

Peraturan Sekolah

Tata Tertib peserta didik antara lain:

  1. Siswa telah hadir di sekolah 10 menit sebelum lonceng berbunyi. Setelah lonceng dibunyikan (07.10 WIB), siswa memasuki ruangan kelas. Pukul 07.15 WIB guru telah hadir dikelas, dan memeriksa kelengkapan, kerapian pakaian siswa setelah siswa berdo’a dan mengucapkan salam dengan tertib.
  2. Siswa yang tidak hadir karena halangan yang tidak bisa dielakkan harus mengirim surat yang diketahui oleh orang tua/wali (berlaku satu hari) dan bila karena sakit harus dengan Surat Keterangan Dokter pada hari kedua (berlaku untuk tiga hari).
  3. Siswa yang terlambat kurang dari 5 menit diizinkan masuk kelas tanpa surat izin dari piket
  4. Siswa yang terlambat  dari 5-15 menit melapor ke piket dan diizinkan masuk pada jam pertama setelah diproses dan pakai surat izin masuk dari piket.
  5. Siswa yang terlambat 15- 20 menit melapor ke piket dan diizinkan masuk pada jam kedua setelah diproses dan pakai surat izin masuk dari piket.
  6. Siswa yang terlambat lebih dari 20 menit melapor ke piket, diberi sanksi dan diproses oleh guru BK (diizinkan masuk  pada jam ketiga atau disuruh pulang menjemput orang tua apabila terlambat lebih dari dua kali).
  7. Siswa yang terlambat tiga kali dalam satu bulan, diberi sanksi dan diproses oleh guru BK
  8. Siswa yang tidak masuk sekolah maksimal 3 hari dalam satu bulan tanpa keterangan, diproses oleh guru BK .
  9. Siswa yang tidak masuk sekolah 4 hari dalam satu bulan tanpa keterangan, dilakukan pemanggilan orang tua oleh BK dan wali kelas.
  10. Setiap hari Senin siswa wajib mengikuti upacara bendera yang  dimulai pukul 06.50 WIB.
  11. Setiap hari Jum’at siswa wajib hadir pukul 06.50 WIB dan mengikuti kultum.
  12. Siswa yang terlambat masuk pada hari Senin dan Jumat tiga kali dalam satu bulan, diberi sanksi dan diproses oleh guru BK
  13. Untuk hari Senin dan Jumat siswa tidak diizinkan masuk lapangan upacara pada jam 7.00 WIB.
  14. Setiap siswa diwajibkan mengikuti upacara keagamaan, upacara Hari Besar Nasional, Daerah dan upacara resmi yang diadakan di sekolah.
  15. Siswa yang meninggalkan pekarangan sekolah pada jam kegiatan belajar dan mengajar harus seizin guru di kelas, melapor ke guru piket hari itu dan kepada satpam.
  16. Siswa tidak dibenarkan makan sambil berjalan dipekarangan sekolah.
  17. Siswa perempuan saat jam olah raga harus memakai jilbab berwarna putih, dan tidak diizinkan memakai jilbab sorong.
  18. Siswa harus memakai pakaian seragam sekolah setiap hari sekolah yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah; sepatu hitam, (minimal 75% hitam) tali sepatu hitam. plat nama dan atribut lainnya ( lokasi, lambang OSIS, lambang kota).
  19. Khusus hari Jum’at memakai baju muslim yang telah ditetapkan sekolah dan pada hari Sabtu berpakaian  seragam pramuka rapi dan necis dan tidak diizinkan memakai kaos oblong.
  20. Siswa perempuan harus memakai jilbab putih polos yang tidak transparan (Jum’at dan Sabtu memakai jilbab yang telah ditetapkan oleh sekolah), tidak dibenarkan memakai aksesoris yang berlebihan serta rambut tidak boleh keluar dari jilbabnya.
  21. Siswa perempuan diwajibkan memakai rok dalam/ celana pendek.
  22. Siswa laki-laki rambutnya harus sesuai dengan aturan sekolah (didepan tidak menyentuh alis mata, dibelakang tidak menyentuh krah baju, samping tidak menyentuh daun telinga, diatas maksimal 4 cm) tidak boleh botak dan model cencang.
  23. Siswa laki-laki tidak diizinkan berjenggot, berkumis dan berjambang.
  24. Setiap siswa wajib memakai singlet  putih polos, tidak dibenarkan pakai kaus oblong bagi siswa laki-laki dan tanktop bagi siswa perempuan.
  25. Siswa tidak dibenarkan berkuku panjang, mewarnai kuku, memakai mutiara digigi dan anting dilidah, memakai lensa kontak, lipstik, lipgloss, eye shadow.
  26. Siswa laki-laki dilarang memakai perhiasan (kalung, gelang, cincin permata dan anting)
  27. Siswa harus memakai kaus kaki berwarna putih.
  28. Setiap siswa wajib menjadi anggota OSIS SMA N 1 pariaman
  29. Setiap siswa wajib terlibat dalam kelompok belajar yang diatur oleh wali kelas, guru mata pelajaran  dan disetujui oleh kepala sekolah.
  30. Setiap siswa wajib mengikuti kegiatan pengembangan diri atau ekskul yang telah ditentukan oleh sekolah minimal satu kegiatan.
  31. Setiap pergantian jam pelajaran siswa tidak dibenarkan keluar dari kelasnya.
  32. Diluar jam pelajaran atau waktu istirahat, siswa tidak dibenarkan berada  dalam kelas, kecuali piket hari itu.
  33. Tidak diizinkan mengaktifkan HP dalam PBM.
  34. Dalam PBM siswa tidak diizinkan keluar kelas, kecuali untuk hal mendesak seizin guru yang mengajar (dengan memberi batas waktu dan bergantian).
  35. Siswa tidak dibenarkan keluar pekarangan mulai dari jam pertama sampai jam terakhir kecuali seizin guru yang sedang dan akan mengajar dikelas tersebut serta guru piket secara tertulis.
  36. Siswa tidak dibenarkan berkata-kata kotor, duduk diatas meja, bersikap tidak sopan di lingkungan sekolah yang tidak mencerminkan kepribadian yang berpendidikan.
  37. Siswa dilarang keras bersikap tidak sopan kepada kepala sekolah, guru dan pegawai baik langsung maupun lewat media lain seperti didinding, meja, pintu WC atau internet, dll.
  38. Siswa dilarang keras mencuri, merokok , meloncat pagar , terlibat narkoba, obat terlarang dan miras, membawa senjata  tajam/senjata api kesekolah, terlibat dengan kenakalan remaja / berkelahi, berjudi atau  pergaulan bebas dan pelecehan seksual.
  39. Siswa dilarang membawa kendaraan bermotor yg tidak lengkap (sesuai undang-undang  lalu lintas yang berlaku)
  40. Siswa  dilarang merusak, menghilangkan  sarana/prasarana sekolah dan laboratorium, kendaraan roda empat dan roda dua yang berada disekolah, mencoret – coret meja, kursi, dinding, pagar, mushallla dan WC

 

Jenis dan Bobot Pelanggaran

" Meraih Prestasi Gemilang, Berkualitas IMTAQ dan IPTEKS "

Copyrights 2014. All rights reserved. SMA Negeri 1 Pariaman. Jl. Prof. M Yamin SH, No.38 Pariaman, Telp. Fax: (0751) 91623 / 93559, Kode pos: 25514